TUGAS STRATEGI PEMBELAJARAN
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Disusun Oleh :
Aulia Rizqika R 292010068
RS 10C
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA
SALATIGA
2012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VI / I
Tema : Hobi
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2x pertemuan)
MODEL PEMBELAJARAN
Ø Model Pembelajaran Langsung
PENDEKATAN
Ø Pendekatan Konseptual
STRATEGI
Ø Strategi Pembelajaran Deduktif
METODE
Ø Tanya jawab
Ø Diskusi
Ø Praktek
Ø Penugasan
Standar Kompetensi : 1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
2. Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema ,amanat,dari cerita anak yang dibacakan.
2.1 Menyam-paikan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut,baik dan benar
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mendengarkan cerita yang dibacakan oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi tokoh, watak, latar, tema, atau amanat dari cerita yang dibacakan dengan tepat.
2. Setelah melakukan permainan edukatif tentang hobi, siswa dapat menyampaikan pesan / informasi yang diperoleh dengan bahasa yang runtut, baik, dan benar.
3. Setelah menyimak pesan / informasi yang disampaikan teman, siswa dapat menanggapi informasi tersebut dengan tepat.
II. MATERI PEMBELAJARAN
A. Cerita
Kesombongan Burung Nuri
Deo seekor burung nuri. Tinggal di hutan luas bersama binatang lainnya. Merasa paling tampan, Deo menjadi sombong. Tidak mau bergaul dengan teman – temannya dan suka memamerkan diri.
“Di seluruh hutan ini, tidak ada burung lain yang setampan diriku,” kata Deo dengan pongah dihadapan teman – temannya sesama burung.
“Kalian semua pasti juga mengagumi ketampananku ini.”
Teman – temannya hanya bisa geleng –geleng kepala. Mereka enggan bermain dengan Deo karena sikapnya itu. Pada suatu hari, Deo terbang sendiriran mengelilingi hutan. Tanpa sengaja, ia menabrak ranting pohon yang tinggi. Sayapnya patah. Ia terjatuh ke tanah. Deo merasa kesakitan dan tidak dapat menggerakkan tubuhnya.
Tiba – tiba, Deo mendengar suara elang di kejauhan. Suara itu semakin dekat. Deo sangat ketakutan. Jantungnya berdegup kencang. Ia begitu lemah dan tidak berdaya. Elang itu kini terbang melayang di atasnya,siap untuk menerkamnya.
Ketika elang itu hendak memangsa Deo, sekawanan burung datang ke tempat itu. Mereka bersuara ribut untuk mengusir elang. Melihat sekelompok burung yang cukup banyak tersebut, elang mengurungkan niatnya. Terbang menjauh dan mencari mangsa lain.
“Deo, ini kami. Kamu tenang saja karena kami datang untuk menolongmu,” kata burung – burung tersebut.
Deo yang masih tergeletak di tanah merasa terharu. Ternyata, kawanan burung itu teman – temannya sendiri yang selama ini tidak diperdulikannya. Mereka lalu terbang menghampiri Deo dan membawanya pulang ke rumahnya.
Setelah dirawat beberapa minggu, Deo kembali sembuh seperti sedia kala. Ia selalu mengingat kebaikan teman – temannya yang telah menyelamatkannya.
Sejak saat itu, Deo tidak sombong lagi. Ia kini senang bermain bersama teman – temannya yang baik hati.
Sumber : Kedaulatan Rakyat Minggu, 30 Oktober 2005
B. Menyampaikan Informasi
Cara menyampaikan informasi sebagai berikut :
1. Ingatlah pokok – pokok informasi yang hendak kamu sampaikan.
2. Sampaikan informasi itu kepada orang lain dengan runtut, baik, dan benar.
3. Informasi diucapkan dengan jelas dan dengan nada yang meyakinkan.
C. Memberikan Tanggapan
Tahukah kamu apa arti tanggapan itu? Tanggapan diartikan sebagai pemberian pernyataan baik lisan maupun tertulis juga sikap terhadap sesuatu. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat memberi tanggapan sebagai berikut.
a. Sesuaikan tanggapan dengan topik yang sedang dibahas.
b. Sampaikan tanggapan secara jelas.
d. Jangan menyinggung perasaan orang lain.
III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Pertemuan Pertama
A. Kegiatan pendahuluan (10 menit)
1. Menyiapkan secara fisik dan psikis
v Salah satu siswa dimohon menyiapkan teman-temannya untuk diajak berdoa bersama menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
v Guru melakukan persensi siswa.
2. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan appersepsi
v Siswa diberikan apersepsi mengenai cerita.
v Guru bertanya kepada siswa apakah siswa gemar membaca.
v Guru menjelaskan kepada siswa materi yang akan dipelajari hari ini.
B. Kegiatan Inti (40 menit)
1. Eksplorasi
a. Melibatkan siswa mencari informasi tentang topik / tema secara luas
v Guru mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan materi cerita, yaitu tentang unsur instrinsik cerita.
b. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber lain
v Guru memberikan penugasan kepada siswa.
v Siswa mencatat tugas yang diberikan oleh guru.
c. Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antar peserta didik dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.
v Guru memberikan penugasan kepada siswa untuk mencatat materi yang di pelajari dari berbagai buku yang ada di perpustakaan.
v Siswa diberi kesempatan untuk berdiskusi dengan siswa lainnya.
v Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang kurang dipahami.
d. Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
v Siswa mencari sendiri materi yang akan dipelajari dengan bimbingan guru.
2. Elaborasi
a. Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam
v Siswa membaca materi unsur instrinsik cerita pada buku.
v Siswa menulis materi unsur intrinsik cerita dari berbagai buku di perpustakaan.
b. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain.
v Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok.
v Secara berkelompok, siswa diminta untuk mendengarkan cerita yang dibacakan oleh guru yaitu “Kesombongan Burung Nuri”.
c. Memberi kesempatan berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak
v Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk mengidentifikasi tokoh, watak, latar, tema, dan amanat yang ada dalam cerita “Kesombongan Burung Nuri”
d. Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
v Siswa diberi kesempatan untuk berdiskusi dengan siswa lainnya dalam satu kelompok.
v Siswa diberi kesempatan untuk bertanya kepada guru.
e. Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat
v Siswa diminta untuk bersifat sportif, tidak mengganggu siswa lain saat pengerjaan tugas.
f. Memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi baik individu / kelompok
v Siswa mencatat hasil diskusi kelompok mengenai unsur instrinsik “Kesombongan Burung Nuri”.
g. Memfasilitasi siswa menyajikan hasil kerja secara individu / kelompok
v Guru meminta setiap kelompok menyebutkan tokoh, watak, latar, tema, dan amanat secara bergantian
h. Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menimbulkan kebahagiaan dan percaya diri
v Guru memberi motivasi pada siswa agar bangga dan selalu percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki.
v Siswa diminta untuk menyanggah hasil kerja kelompok lain apabila tidak sesuai dengan hasil diskusi kelompokknya.
v Siswa diminta untuk percaya diri mempertahankan pendapatnya meskipun berbeda dengan kelompok lain.
3. Konfirmasi
a. Memberikan umpan balik dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, hadiah atas keberhasilan siswa.
v Guru memberikan tepuk tangan kepada setiap kelompok yang telah menyebutkan unsur instrinsik cerita “Kesombongan Burung Nuri”.
v Guru memberikan tanda tangan pada hasil pekerjaan siswa.
b. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa
v Guru menegaskan dan menyimpulkan tentang tokoh, watak, latar, tema, atau amanat dari cerita anak yang dibaca.
v Guru meluruskan perbedaan pendapat yang terjadi antar kelompok.
c. Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang dilakukan
v Siswa diminta memberi pendapat tentang proses pembelajaran yang telah dilakukan. Apa sajakah kekurangan dari pembelajaran tersebut sehingga guru dapat menginstrospeksi proses pembelajaran agar lebih baik lagi pada pengajaran yang berikutnya.
v Siswa diberi pertanyaan tentang unsur – unsur pembentuk cerita.
d. Memfasilitasi siswa memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
v Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal – hal yang belum dipahami tentang cerita yang dibaca.
v Guru membantu persoalan / kesulitan yang dihadapi siswa terutama dalam penentuan tokoh, watak, latar, tema atau amanat dalam cerita.
v Siswa diberi motivasi agar tidak pasif dan lebih percaya diri dalam mengungkapkan pendapatnya pada kegiatan belajar mengajar.
C. Kegiatan Penutup ( 20 menit )
1. Bersama – sama dengan siswa / sendiri membuat rangkuman
v Guru bersama – sama dengan siswa membuat rangkuman tentang unsur intrinsik cerita.
2. Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
v Guru menganalisis tugas kelompok siswa sebagai bentuk umpan balik kepada siswa.
4. Merencanakan tindak lanjut dalam kegiatan remidi, perbaikan, pengayaan, memberikan tugas individu / sesuai hasil belajar siswa
5. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan tugas yang harus dilakukan siswa.
v Siswa diberi tugas untuk membawa salah satu benda yang mencirikan tentang hobi yang dimilikinya.
2. Pertemuan Kedua
A. Kegiatan pendahuluan
1. Menyiapkan secara fisik dan psikis
v Salah satu siswa dimohon menyiapkan teman-temannya untuk diajak berdoa bersama menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
v Guru melakukan persensi siswa.
2. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan appersepsi
v Siswa diberikan apersepsi mengenai hobi.
v Guru bertanya kepada siswa tentang hobi yang mereka miliki.
v Guru menjelaskan kepada siswa materi yang akan dipelajari hari ini.
B. Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
a. Melibatkan siswa mencari informasi tentang topik / tema secara luas
v Guru mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan materi hobi.
b. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber lain
v Guru meminta siswa mengumpulkan barang yang mencirikan hobinya yang telah dibawa oleh siswa.
v Siswa diminta untuk mengerjakan tugas yang diberikan, yaitu dengan memilih membuat lagu atau menggambar tentang hobi yang dimiliki.
c. Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antar peserta didik dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.
v Siswa diizinkan berdiskusi dengan teman lain saat penentuan pengerjaan tugas.
v Siswa diberi kesempatan untuk bertanya kepada guru tentang tugas yang belum jelas.
d. Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
v Siswa diminta untuk memaparkan tugas yang telah dibuat di depan kelas.
v Siswa menyanyikan lagu yang telah dibuat.
v Siswa menjelaskan maksud dari gambar yang telah buat.
2. Elaborasi
a. Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam
v Siswa menulis hobi dari siswa lain yang maju di depan kelas.
b. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain.
v Siswa diminta untuk melakukan permainan “Mengenali Diri dan Kesenangan Orang lain” (ketentuan permainan terlampir)
c. Memberi kesempatan berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak
v Siswa dipersilahkan untuk mencari hobi teman berdasarkan barang yang telah diambil.
v Siswa menganalisis hobi apakah yang digambarkan oleh barang yang dapat berdasarkan catatan yang telah dibuat.
d. Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
v Siswa diberi kesempatan untuk mengerjakan tugas sesuai dengan barang yang telah didapatkan.
e. Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat
v Siswa diminta untuk bersifat sportif, tidak mengganggu siswa lain saat pengerjaan tugas.
f. Memfasilitasi siswa menyajikan hasil kerja secara individu / kelompok
v Setiap siswa memberikan tanggapan tentang hobi siswa lain berdasarkan barang yang didapat.
g. Memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi baik individu / kelompok
v Secara individu, siswa diminta untuk menuliskan tanggapan yang diberikan kepada siswa lain berdasarkan barang yang didapat.
h. Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menimbulkan kebahagiaan dan percaya diri
v Guru memberi motivasi pada siswa agar bangga dan selalu percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki.
v Guru memberi motivasi siswa agar percaya diri untuk menyampaikan cerita tentang hobinya di depan kelas.
v Siswa diberi motivasi untuk berani menyampaikan tanggapannya di depan kelas.
3. Konfirmasi
a. Memberikan umpan balik dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, hadiah atas keberhasilan siswa.
v Guru memberikan tepuk tangan kepada setiap siswa yang telah maju ke depan untuk menyampaikan hobinya.
v Guru memberikan tepuk tangan kepada setiap siswa yang telah menanggapi informasi tentang hobi siswa lain.
v Guru memberikan tanda tangan pada hasil pekerjaan siswa.
b. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa
v Guru memberikan evaluasi terhadap penampilan siswa di depan kelas.
v Guru memberikan penjelasan bahwa hobi setiap orang berbeda – beda.
c. Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang dilakukan
v Siswa diminta memberi pendapat tentang proses pembelajaran yang telah dilakukan. Apa sajakah kekurangan dari pembelajaran tersebut sehingga guru dapat menginstrospeksi proses pembelajaran agar lebih baik lagi pada pengajaran yang berikutnya.
d. Memfasilitasi siswa memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
v Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal – hal yang belum dipahami tentang cara menyampaikan pesan dan cara menanggapinya.
v Siswa diberi motivasi agar tidak pasif dan lebih percaya diri dalam mengungkapkan pendapatnya pada kegiatan belajar mengajar.
C. Kegiatan Penutup
1. Bersama – sama dengan siswa / sendiri membuat rangkuman
v Guru bersama – sama dengan siswa membuat rangkuman tentang hobi yang telah dipelajari.
2. Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
v Siswa diminta menyebutkan hobi teman – teman lainnya.
v Siswa diminta menyebutkan cara yang tepat untuk menyampaikan pesan dan menanggapi pesan tersebut.
3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
v Guru menganalisis tugas kelompok siswa sebagai bentuk umpan balik kepada siswa.
4. Merencanakan tindak lanjut dalam kegiatan remidi, perbaikan, pengayaan, memberikan tugas individu / sesuai hasil belajar siswa
IV. ALAT DAN SUMBER BAHAN
1. Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 6 SD / MI (Sukini dan Iskandar).
2. Buku Game Edukatif di Dalam dan Luar Sekolah (Imam Rofi’i).
3. Buku Bahasa Indonesia yang relevan.
V. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian dalam proses (pengamatan)
b. Tugas Kelompok
c. Tugas Individu
2. Jenis Tes
a. Unjuk Kerja
b. Laporan hasil diskusi
c. Hasil produk
3. Bentuk Tes
b. Laporan Hasil Diskusi
Jawablah pertanyaan di bawah ini !
1. a. Apakah judul pada cerita tersebut ?
b. Tema apa yang ada dalam cerita tersebut ?
2. Siapakah tokoh dalam cerita tersebut ?
3. Bagaimana watak dalam cerita tersebut ?
4. Amanat apa yang terkandung dalam cerita tersebut ?
5. Bagaimana suasana yang terjadi di cerita tersebut
LEMBAR PENGAMATAN
Bentuk Penilaian : Unjuk Kerja
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / semester : VI / 1
Hari / Tanggal :
NO | Nama | Aspek Yang Dinilai | Jumlah Skor | Nilai | ||
Keberanian | Inisiatif | Kerjasama | ||||
1 | ||||||
2 | ||||||
3 | ||||||
4 | ||||||
5 | ||||||
6 | ||||||
7 | ||||||
8 | ||||||
9 | ||||||
10 | ||||||
11 | ||||||
12 | ||||||
13 | ||||||
14 | ||||||
15 |
Indikator Penilaian :
5 = baik sekali
4 = baik
3 = cukup
2 = kurang
1 = kurang sekali
Nilai = x 100
Game Edukatif
Mengenali Diri dan Kesenangan Orang Lain
A. Tujuan Permainan
Di balik permainan ini, terdapat beberapa tujuan, diantaranya :
1. Agar anak saling mengenal satu sama lain dengan cara yang menarik
2. Agar anak saling tahu kesenangan di antara mereka, dan
3. Melatih agar anak mampu memahami orang lain.
B. Waktu Permainan
Waktu permainan disesuaikan dengan jumlah pemain
C. Sistem Permainan
Perorangan dalam kolektif
D. Usia Pemain
Tujuh tahu ke atas
E. Tempat Bermain
Dalam Ruangan
F. Alat – Alat Permainan
Ada beberapa alat yang dibutuhkan dalam permainan ini, yaitu :
1. Satu meja yang ukurannya lumayan besar
2. Berbagai macam benda, sesuai dengan benda yang dibawa oleh siswa berdasarkan tugas yang telah diberikan.
3. Kain untuk menutup benda – benda tersebut.
G. Cara Bermain
Adapun cara permainan ini adalah :
1. Letakkan semua barang di atas meja yang telah disediakan. Tutup semua barang tersebut dengan kain gelap agar pemain tidak mengetahui isi.
2. Semua siswa diminta maju satu persatu untuk mengambil benda yang ditutupi kain.
3. Setelah semua telah mengambil benda yang ada di meja, setiap siswa mencocokkan barang yang diperoleh dengan catatan yang memuat hobi siswa sekelas.
4. Siswa mengomentari informasi yang diterima pada saat siswa lain menyanyi atau menggambar hobi mereka.
5. Siswa berkomentar berdasarkan benda yang diambil yang menggambarkan hobi siswa lain di depan kelas.
Sumber : Buku Game Edukatif di Dalam dan Luar Sekolah, Imam Rofi’i (dengan perubahan yang disesuaikan dengan pembelajaran)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar